SEKAPUR SIRIH

 

Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial adalah upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara, yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial pada Pasal 1 (2).

 

Dalam pelaksanaan program kesejahteraan sosial tersebut, ketersediaan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Data Fakir Miskin yang ada dalam Basis Data Terpadu  (BDT) merupakan komponen yang sangat penting dan diperlukan dalam merumuskan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian Penyellenggaraan Kesejahteraan Sosial.

 

Berdasarkan Undang –undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin pasal 8  ( 4 - 9 ) Verifikasi dan Validasi dilakukan oleh Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial yang ada di Kecamatan, Kelurahan atau Desa yang kemudian hasilnya dilaporkan kepada Bupati/Walikota, dan menurut Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesi Nomor 8 Tahun 2012 pada Bab IV Pasal 9 (1) Pendataan dan Pemutakhiran data PMKS dan PSKS dilaksanakan oleh Instansi Sosial Kabupaten/Kota.

 

Dinas Sosial Kabupaten Serang selaku Instansi Sosial setiap tahun selalu melaksanakan Up-Dating / Verifikasi dan Validasi  DataPenyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Data Fakir Miskin  yang ada dalam Basis Data Terpadu (BDT).

 

Agar Hasil Up-Dating Data PMKS dan Data Fakir Miskin serta Data Rumah  Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada dalam Basis Data Terpadu (BDT) tersebut dapat Tersimpan dengan Baik dan dapat digunakan dengan mudah serta dapat diakses oleh seluruh Pihak terkait dan Stakholder, maka Data tersebut perlu dibuat dalam bentuk Aplikasi Sistem Informasi Data.

 

Berdasarkan  hal tersebut, kami telah membuat Aplikasi Sistem  Data PMKS dan Data Fakir Miskin serta Data Rumah  Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada dalam Basis Data Terpadu (BDT) di Kabupaten Serang dalam bentuk Aplikasi Secara Online.

 

Aplikasi ini dinamakan Sistem  Informasi  Rumah  Kumuh  dan  Miskin  (SIKUMIS) pada Dinas Sosial Kabupaten Serang.SIKUMIS memuat dan menampilkan Data Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) secara lengkapdan spesifik by name by adress, keterangan RTLH dan keterangan lainnya. Kedepan SIKUMIS ini akan secara lengkap memuat dan menampilkan Data PMKS secara keseluruhan.

 

Akhir Kata, kepada semua pihak yang telah membantu dan bekerjasama dalam pembuatan Aplikasi ini disampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Kritik dan saran sebagai penyempurna dari Aplikasi ini sangat kami harapakan.

 

 

Serang,  Oktober 2018

 

Seksi Pengelolaan Data Kemiskinan, PMKS dan PSKS

Dinas Sosial Kabupaten Serang